Minggu, 27 Maret 2016

✿ Mencicipi ‘Bakso Rasa Soto’ Khas Pemalang, Jawa Tengah.



[Tempat Kuliner di Indonesia]
Mencicipi ‘Bakso Rasa Soto’ Khas Pemalang, Jawa Tengah.

Bakso dikenal masyarakat Indonesia sebagai kuliner berbentuk bulat. Namun, di Pemalang, Jawa Tengah, bakso daging dipotong kecil-kecil dan disajikan menyerupai soto. Sebelum disajikan, daging sapi terlebih dahulu direbus bersama dengan bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan, seperti kemiri, merica, bawang putih dan jahe.

Kemudian, bakso disajikan di dalam mangkuk yang sudah terisi irisan daging, daun bawang, tomat, dan mie suun. Bakso daging khas Pemalang disajikan bersama lontong dan kerupuk. Salah satu warung yang menyajikan menu bakso daging di Kota Santri ini adalah warung milik Kusyati, yang berada di Pertigaan Jebed, Taman. 

Meski terbilang kecil, warung Kusyati tak pernah sepi pembeli. Untuk menikmati semangkuk bakso, Kusyati mematok harga yang relatif murah, yakni Rp12 ribu. Jika pembeli makan dengan lontong, kerupuk dan minuman, harga menjadi Rp 20 Ribu. Warung bakso daging milik Kusyati dalam sehari mampu menghabiskan 15 kg daging sapi.

"Dinamai bakso daging karena jaman dulu belum ada bakso yang berukuran bulat. Ini resep turun temurun sejak 1965," jelas Kusyati saat dijumpai di warungnya. Penggemar bakso daging bukan hanya dari daerah setempat. Budiharto, yang berasal dari Tegal, rela menempuh perjalanan yang lumayan jauh hanya demi mencicipi bakso daging di warung Kusyati.

"Sengaja saya jauh-jauh datang dari Tegal, demi untuk menikmati bakso daging ini. Enak sekali dinikmati saat masih panas, dagingnya empuk dam memiliki rasa yang khas," ujar pria 40 tahun ini.


Ya Allah... semoga yang membaca artikel ini :
¤ Muliakanlah orangnya… Yang belum menemukan jodoh semoga lekas dipertemukan... Yang belum mendapatkan keturunan semoga cepat mendapatkannya… Semoga tergerak hatinya untuk bersedekah… Yang laki2 entengkanlah kakinya untuk melangkah ke masjid… Bahagiakanlah keluarganya… Luaskan rezekinya seluas lautan… Mudahkan segala urusannya… Kabulkan cita-citanya… Jauhkan dari segala Musibah, Penyakit, Prasangka Keji… Jauhkan dari segala Fitnah, Berkata Kasar dan Mungkar. Aamiin ya Rabbal'alamin.

“Bila kau tak tahan lelahnya belajar maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” (Imam Syafi’i)

 


 
;