Minggu, 15 November 2015

✿ Kuliner di Blitar : Nasi Pecel Mbok Bari, Blitar.


Kalau bertepatan berkunjung ke Kota Blitar kurang lengkap rasanya kalau tidak menikmati kuliner kota Blitar. Salah satunya adalah Nasi Pecel Mbok Bari yang sudah sangat familiar di masyarakat kota Blitar.

Pusat dari Nasi Pecel Mbok Bari berada di JL. Ir. Soekarno, tepatnya utara makam Proklamator Bung Karno di Blitar.

Nasi Pecel merupakan makanan khas daerah Blitar, Tulungagung, Kediri, Madiun, dan Ponorogo. Tapi nasi pecel Blitar memiliki rasa khas tersendiri. Nasi Pecel Blitar memiliki karakteristik tingkat kepedasan yang cukup tinggi dan tekstur bumbu kacang yang masih sedikit kasar.


Mbok Bari adalah salah satu penjual nasi pecel sejak tahun 1964 yang dikenal dengan Nasi Pecel BLEDHEG-nya di Blitar, karena rasa sambelnya terkenal sangat pedas sekali. Dari segi isian, nasi pecel disini hampir sama dengan nasi pecel lain karena menggunakan daun pepaya, singkong, tauge, daun kenikir, dan kol yang telah direbus serta ditemani dengan rempeyek kacang dan rempeyek udang.

Sedangkan bumbu kacangnya terbuat dari kacang tanah Tuban yang disangrai dan diulek bersama dengan bawang merah, kencur, cabe rawir merah, cabe merah, asem jawa, gula jawa, dan terasi goreng. Campuran antara isian dan sambal kacangnya terasa sangat nikmat dan menggoda di lidah.

Warung Nasi Pecel mbok Bari buka mulai pukul 05.30 pagi, tapi tak jarang pengunjung harus antri mengingat penduduk lokal tidak bisa lepas dari sarapan nasi pecel. Sekarang ini warung Nasi Pecel mbok Bari sudah bisa ditemukan di beberapa lokasi di Blitar. Sebagai oleh-oleh, disini Anda bisa memesan sambal pecel keringnya saja.

Karena sudah sangat popular dan terkenal di masyarakat kota Blitar akhirnya ‘Nasi Pecel Mbok Bari’membuka cabang untuk memudahkan para penikmat nasi pecelnya. Cabang-cabangnya antara lain :
. Pecel Mbok Bari 1 : Utara makam Bung Karno.
. Pecel Mbok Bari 2 : Belakang BRI Jl. RA. Kartini, Blitar.
. Pecel Mbok Bari 3 : Jl. Sudanco Supriyadi.
. Pecel Mbok Bari 4 : Jl. A. Yani, Blitar.

Itulah sekelumit tentang nasi pecel mbok Bari yang berada di Blitar, kalau kebetulan jalan-jalan di Blitar tidak ada salahnya mampir mencicipi kuliner Nasi Pecel Mbok Bari’.

Disadur dari : http://andikurniawan3008.blogspot.co.id


Ya Allah... semoga yang membaca artikel ini :
¤ Muliakanlah orangnya… Yang belum menemukan jodoh semoga lekas dipertemukan... Yang belum mendapatkan keturunan semoga cepat mendapatkannya… Semoga tergerak hatinya untuk bersedekah… Yang laki2 entengkanlah kakinya untuk melangkah ke masjid… Bahagiakanlah keluarganya… Luaskan rezekinya seluas lautan… Mudahkan segala urusannya… Kabulkan cita-citanya… Jauhkan dari segala Musibah, Penyakit, Prasangka Keji… Jauhkan dari segala Fitnah, Berkata Kasar dan Mungkar. Aamiin ya Rabbal'alamin.


“Bila kau tak tahan lelahnya belajar maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” (Imam Syafi’i)




 
;